CARA MEMBUAT EMPING MELINJO

Kamis, 08 Januari 2015

Cara Membuat Emping Melinjo

Mungkin saja ada diantara Anda yang memiliki pohon melinjo sendiri di rumah yang ditanam baik di halaman maupun kebun, dan ketika berbuah tentu anda ingin memanfaatkannya dan salah satunya adalah mengolahnya menjadi Emping.

Emping Melinjo


Jika diantara Anda ada yang ingin mencoba membuat sendiri atau mengolah buah melinjo menjadi Emping, namun belum tahu proses dan cara pembuatannya silahkan baca uraian singkat dibawah yang mungkin bisa bermanfaat buat Anda.

1. Pilihlah buah mlinjo yang sudah tua biasanya berwarna merah atau kuning dan berkualitas bagus atau tidak busuk

2. Kupaslah kulit luarnya hingga bersih, bisa dengan tangan atau bantuan alat seperti pisau. Jika semuanya sudah jemur hingga kering kemudian simpanlah terlebih dahulu beberapa hari

3. Siapkan wajan kemudian goreng semua biji mlinjo yang sudah disiapkan sebelumnya dengan pasir sungai yang halus dan bersih. Ketika digoreng dengan pasir biji melinjo harus terpendam didalam pasir kira-kira 5 menit, dan jika sudah terlihat hitam angkat dan tiriskan hingga bersih

4. Jika sudah kupaslah kulitnya yang keras, karena seperti kita ketahui biji mlinjo memiliki dua kulit yaitu bagian luar atau kulit pertama yang lunak dan kulit dalam yang keras. Ketika mengupas kulitnya yang keras bisa menggunakan palu yang ditutup plastik bersih, namun harus hati-hati jangan sampai pecah, lebih baik pukul agak pelan kemudian setelah retak kupas kulitnya.

5. Jika semua biji mlinjo kulit kerasnya sudah terlepas, sangrailah mlinjo-mlinjo tersebut(goreng tanpa minyak)

6. Jika sudah, siapkan telenan(landasan yang tebuat dari kayu tebal yang rata dan bersih), kemudian taruh mlinjo sangrai diatas telenan tersebut bisa 3 atau 4 sesuai selera untuk ukuran untuk setiap empingnya. Pukulah hingga pipih tipis dengan muntu(alat untuk menumbuk dari batu).

7. Tunggu hingga mlinjo pipih tersebut dingin kemudian balikanlah dengan menggunakan bantuan alat seperti sendok yang pipih rata

8. Angkat dan pindahkan melinjo yang sudah pipih kedalam tampah, dan jika sudah semuanya jemurlah kira-kira 2 jam dibawah sinar matahari hingga mengering.

9. Emping sudah siap dipasarkan atau juga bisa dikonsumsi sendiri tinggal digoreng.

0 komentar:

Posting Komentar